Efek Bahaya Dari Kecanduan Games Online - Gadget Asik
Gadget Asik - Efek Bahaya Dari Kecanduan Games Online - Semakin mudahnya semua orang khususnya anak-anak mengakses dunia internet, tentu memiliki dampak positif dan negatifnya. Biasanya para anak-anak mengunjungi dunia internet adalah untuk bermain Games Online. Salah satunya pernah disampaikan oleh pakar pendidikan lulusan universitas Harvard dan Yale, Amerika Serikat, yang juga merupakan penulis buku Digital Game-Based Learning, bahwa anak-anak yang berusia 14 tahun ke bawah merupakan sebagai “Digital Natives” atau “Penduduk Asli” yang menghuni dunia digital.

Dan bisa dibilang juga semua anak-anak yang menuju proses keremajaan, pasti sangat menguasai berbagai macam jenis games salah satunya adalah permainan games online. Namun, berdasarkan sebuah penelitian, ternyata apabila anak-anak terlalu sering atau kecanduan bermain games online membawa dampak buruk seperti :

1. Kurang Bersosialisasi
Apabila anak-anak kecanduan bermain games online tentu saja akan terus duduk di depan komputer dan sedikit tidak mengetahui dunia luar, dampaknya anak-anak akan sulit untuk berinteraksi dengan orang lain, Karena temannya hanyalah komputer dan menjalankan permainan dalam games online, anak-anak pun akan sedikit canggung untuk saling menyapa dengan orang lain.

2. Menggangu Pertumbuhan Tubuh
Dalam memainkan games online pasti setiap anak-anak hanya duduk dan terdiam tanpa bergerak. Dan tubuh yang tidak bergerak tersebut tentu akan mengganggu sistem pertumbuhan pada tubuh, apabila anak banyak makan maka beresiko obesitas, dan pertumbuhan tinggi bandannya pun tidak akan maksimal.

3. Memicu Agresivitas
Dalam memainkan games online sering kali kita menemukan permainan games online yang menghadirkan kekerasan dan hal negativ lainnya. Hal tersebut tentu saja akan memicu anak lebih agresif dan juga akan mengurangi rasa empati terhadap sesamanya, timbulah efek ketidak pedulian.

4. Gangguan Kesehatan
Pastinya para anak-anak rela untuk menghabis waktu kesehariannya dalam menikmati permainan games online, namun hal tersebut akan memberikan efek negative terhadap kesehatan anak-anak. Seperti akan memicu timbulnya sakit leher, sakit kepala, gangguan tidur, gangguan penglihatan dan gangguan kesehatan lainnya.

Dilihat dari dampak negative di atas, tentu saja peran orang tua agar memperhatikan anak secara berlebih harus lebih di utamakan lagi, apalagi bagi anak-anak yang sering memainkan games online. Sebagai orang tua kita harus memberikan waktu agar anak kita bisa bermain entah itu bermain games atau bermain di luar bersama teman-temannya namun juga anak-anak harus punya waktu untuk belajar. tapi games online pun memiliki dampak positif nya juga, baca ini Dampak Positif Bermain Games Online

0 komentar:

Post a Comment