Tips Merawat Motherboard Laptop - Gadget Asik
Gadget Asik - Merawat Motherboard - Bagi Anda yang memiliki laptop, pasti sudah familiar dengan motherboard. Motherboard adalah sebuah papan PCB utama sebagai tempat peletakan berbagai jalur dan konektor untuk menghubungkan semua komponen. Perangkat ini merupakan benda yang sangat penting dan vital dalam laptop atau komputer. Ada berbagai jenis dan merek motherboard yang tersedia di toko komputer. Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Motherboard laptop perlu dan harus mendapat perawatan yang rutin dan berkala agar laptop bisa bekerja dengan baik. Motherboard dengan merek paling bagus dan harga paling mahal sekalipun bisa cepat rusak apabila tidak pernah dirawat. Tidak diperlukan hal-hal khusus dalam perawatan motherboard. Berikut ini beberapa tips sederhana dalam merawat motherboard.

Salah satu penyebab utama rusaknya motherboard laptop adalah karena menumpuknya debu dan kotoran lain pada perangkat ini. Debu dapat menyebabkan berbagai komponen dalam motherboard mengalami konslet. Apabila hal ini tidak segera mendapat perhatian, nantinya akan memicu berbagai kerusakan komponen lain pada laptop. Oleh karena itu, pastikan bahwa Anda selalu mengecek kebersihan motherboard secara berkala. Untuk membersihkan bagian ini, Anda cukup menggunakan kuas biasa. Anda juga bisa menggunakan kompresor udara untuk mendapat hasil yang lebih optimal. Bersihkan bagian dalam dan luar motherboard termasuk slot-slot secara merata. Untuk mencegah adanya debu yang berlebihan, tempatkan laptop pada tempat yang bersih. Setelah dibersihkan, pastikan jika Anda tidak meninggalkan sisa-sisa baut atau alat pembersih lain pada motherboard.

Sebagai perangkat elektronik, laptop selalu mendapat arus listrik secara berkala. Arus listrik yang tidak stabil bisa membuat motherboard laptop mengalami kerusakan. Untuk menghindari hal ini, gunakan stabilizer dari stop kontak utama ke kabel laptop. Ini bisa menjaga tegangan dan arus agar tetap stabil. Anda juga bisa menggunakan UPS. Alat ini mampu menyimpan arus listrik sementara apabila lisrik mendadak mati. Tentunya ini sangat berguna apabila daerah Anda sedang mendapat pemadaman listrik. Cara paling gampang untuk menjaga kestabilan listrik adalah dengan selalu memasang baterai laptop saat pemakaian. Apabila baterai sudah penuh, Anda bisa melepas kabel charger, kemudian memasangnya lagi jika lowbat.

Sebelum menyalakan laptop, pastikan bahwa semua perangkat sudah terpasang dengan sempurna. Ini akan membantu motherboard laptop dan komponen lainnya tetap awet. Laptop akan lebih awet jika Anda sering menggunakannya. Jangan biarkan laptop dimatikan untuk waktu yang lama. Minimal nyalakan laptop sebanyak 2-3 kali seminggu. Beberapa kasus laptop rusak disebabkan karena laptop jarang dinyalakan. Selain itu, perhatikan kondisi ventilasi pada laptop. Pastikan agar ventilasi selalu terbuka agar laptop tidak cepat panas. Jangan letakan laptop pada alas yang empuk seperti kasur/ranjang. Hal ini bisa membuat udara susah keluar sehingga laptop mengalami overheat.

Source

0 komentar:

Post a Comment