Gadget Asik – MicroSD atau SD card memang sekarang ini sangat dibutuhkan untuk pengguna smartphone khususnya Android, karena hampir tidak mungkin menyimpan file-file yang besar di memori internal. Walaupun memori internal cukup besar bukan berarti tidak memerlukan microSD, karena microSD sendiri bisa digunakan untuk menginstall aplikasi hingga meringankan kinerja RAM. Dalam memilih microSD pun tidak sembarangan, untuk mendapatkan performa yang optimal maka sebaiknya memilih microSD yang sesuai. Berikut tips memilih microSD yang bagus dan cocok di Android.

Pertama pastikan membeli microSD yang resmi dengan ciri-ciri ketika membeli kamu akan mendapatkan garansi resmi dari merek tersebut, bukan garansi toko.
Pastikan kamu mengecek spesifikasi smartphone kamu dulu sebelum memilih microSD karena setiap smartphone memiliki batasan kapasitas microSD yang bisa digunakan. Misalnya pada Galaxy S3 bisa menggunakan microSD hingga 64GB, yang biasanya ditulis up to 64GB.

MicroSD memiliki kelas atau class yang menentukan performa, untuk mendapatkan performa yang optimal bisa memilih antara kelas 6 sampai kelas 10, berikut adalah detil kelas dan performanya:
  • Class 2: 2MB/S atau 13x Speed
  • Class 4: 4MB/S atau 26x Speed
  • Class 6: 6MB/S atau 30x Speed
  • Class 8: 8MB/S atau 40x Speed
  • Class 10: 10MB/S atau 66x Speed
Semakin banyak data tersimpan pada micoSD maka kecepatan membacanya akan semakin melambat, maka dari itu disarankan untuk memilih kelas 6 sampai kelas 10.

Class 10 merupakan kelas tertinggi pada micorSD, hal ini akan membuat kecepatan membaca file sangat cepat. Tetapi tidak semua smartphone Android dapat menggunakan class 10, kalau prosesornya sendiri tidak kuat maka kemampuannya tidak akan maksimal bahkan smartphone Android kamu bisa jadi lag. Itulah sedikit tips mengenai MicroSD yang kami ambil dari jalantikus.com, beberapa tips menarik lainnya dapat anda temukan lebih lengkap di jalantikus.com. Sekian dan terima kasih :)

0 komentar:

Post a Comment