Cara Merawat Kamera Digital - Gadget Asik
Gadget Asik - Cara Merawat Kamera Digital - Kamera adalah alat yang biasanya digunakan untuk memotret, saat ini ada beragam jenis kamera, mulai dari kamera handpone, kamera digital, kamera SLR, sampai kamera DSLR. Semuanya memiliki keunggulan masing –masin. Nah untuk kamera handphone biasanya jarang rusak karena letaknya yang aman di dalam handphone. Sedangkan untuk kamera digital seprti SLR dan DSLR butuh perawatan khusus. Bila salah maka kamera anda akan cepat rusak.

Cara Merawat Kamera Digital

1. Hindari kontak langsung dengan matahari
Jagalah kammera anda dari kontak sinar matahari langsung, sebab hal tersebut dapt menyebabkan panas dan membuat beberapa komponen kamera di dalamnya menjadi rusak.

2. Hindari goncangan
jagalah kamera anda dari goncangan saat menggunakannya. Simpanlah di dalam tas khusus untuk penyimpanan kamera agar terhindar dari goncangan. Goncangan berlebihan dapat menyebabkan kerusakan beberapa komponen di dalam kamera.

3. Rajin membersihkan kamera dan lensanya
Sebaiknya anda rajin membersihkan bagian dalam kemera dan lensanya, minimal sekali dalam seminggu. Bersihkan kotoran kamera menggunakan lap kering, sementara untuk bagian dalam berupa lensa sebaiknya menggunakan pembersih khusus yang banyak dijual.Sebaiknya pula jangan terlalu sering membersihkan lensa karena dapat menyebabkan kualitas gambar menjadi kurang baik.

4. Memasang filter lensa
Agar terhindari dari goresan pada lensa sebaiknya pasangkan filter ulir yang terpasang permamen di depannya , filter yang biasanya digunakan adalah jenis filter UV (ultraviolet) atau filter skylight.

5. Hindari air laut
Air laut mengandung garam yang dapat menyebabkan karat pada besi, semikian pula pada kamera. Jika suatu saat kemera anda terkena air laut maka langsung bersihkan dahulu menggunakan air tawar yang bersih. Lalu bawa segera kamera anda ke tempat servis kemera.

6. Simpan di tempat yang aman
Jangan menyimpan kamera di lemari pakaian karena dapat menyebabkan kamera menjadi berjamur. Sebaiknya simpan kamera anda di tempat khusus yang selalu terkena cahaya lampu.

Selamt mencoba semoga berguna.

0 komentar:

Post a Comment