Tips Upgrade RAM Pada Laptop - Gadget Asik
Gadget Asik - Upgrade RAM Laptop - Anda ingin mempunyai laptop dengan performa yang jauh lebih baik? Upgrade memori RAM (Random Access Memory) bisa menjadi solusi tepat bagi Anda. Proses upgrade memori RAM sebenarnya mudah saja. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memulai mengupgrade RAM agar performa laptop menjadi seperti apa yang kita inginkan.

Upgrade laptop adalah mengganti komponen hardware laptop dengan hardware lain yang memiliki kualitas lebih baik. Mengupgrade laptop jauh lebih hemat daripada membeli laptop baru. Sebab, ketika melakukan upgrade, kita hanya mengganti komponen-komponen tertentu saja pada laptop. Beberapa hardware yang biasa diupgrade yaitu motherboard, RAM, vga, harddisk, power supply, sound card, dan sebagainya. Jadi upgrade biasanya dilakukan untuk hardware offboard. Sebenarnya bisa kita mengupgrade peripheral onboard seperti chipset, namun jatuhnya akan mahal dan sulit mendapatkan komponennya karena harus mengorbankan (kanibalisasi) peripheral onboard dari motherboard lain.

Nah, berbicara soal RAM, berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketikan ingin melakukan memori RAM pada laptop Anda :

1. Cari tahu berapa kapasitas maksimal RAM
Yang pertama kali harus diperhatikan ketika anda ingin melakukan upgrade RAM adalah mencari tahu berapa kapasitas maksimal RAM yang didukung oleh laptop anda. Informasi mengenai hal ini biasanya tertulis di kardus tempat laptop dan buku manual penggunaan laptop. Apabila misal anda sudah menghilangkan kardus dan buku panduannya, anda bisa mencari spesifikasi laptop anda melalui Google.

2. Apakah laptop anda mendukung dual channel?
Jika laptop anda mendukung dual channel (penggunaan lebih dari satu keping RAM secara bersama ; info bisa dilihat di dus atau buku manual), anda bisa menambahkan lagi RAM. Syarat dual channel yaitu penggunaan dua buah memori yang identik dan sejenis. Jadi gunakanlah kepingan RAM yang memiliki kapasitas sama, berjenis sama, (diusahakan) merek sama, dan kecepata sama. Misalnya, Slot Pertama : 1 keping 1 GB Corsair (Value Selected) PC3200. Maka harus dipasangkan juga dengan yang sama yaitu Slot Kedua : 1 keping 1 GB Corsair (Value Selected) PC3200. Sehingga fasilitas DUAL CHANNEL akan aktif untuk meningkatkan kemampuan memori laptop dua kali lipat.

3. Satu Keping Lebih Baik Daripada Dua Keping
Mengapa penggunaan 1 keping RAM (misal 2 GB) lebih baik daripada penggunaan 2 keping (2 RAM masing-masing 1GB). Hal ini terkait dengan PANAS yang akan ditimbulkan. 1 keping akan menghasilkan 1 PANAS. 2 keping akan menghasilkan 2 PANAS. Misalnya, 1 keping 2 GB lebih baik daripada 2 keping 1 GB.

4. Jangan Pas Di Batas Maksimal
Hindari memasang memori RAM yang pas dengan batas maksimal dukungan laptop. Misalnya laptop mendukung maksimal RAM 4 GB. Maka jangan pas memasang RAM hingga 4 GB. Lebih baik berikan sedikit kelonggaran.

Sekian, semoga tips diatas bermanfaat untuk anda yang ingin mengupgrade RAM laptop anda. Terima kasih.

0 komentar:

Post a Comment